Tupoksi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI CAMAT

Tugas Pokok Camat :

Camat mempunyai tugas pokok membantu Walikota dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dalam membina, mengawasi, mengkoordinasikan serta mengendalikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi Kecamatan Pancoran Mas yang meliputi bidang ketatausahaan, pemberdayaan masyarakat, pemerintahan, ketertiban dan ketentraman serta mengendalikan penggunaan anggaran Kecamatan

Fungsi Camat :

  • Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masya rakat sesuai dengan kewenangannya
  • Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan keten traman dan ketertiban umum sesuai dengan kewenangannya
  • Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan
  • Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum sesuai dengan kewenangannya
  • Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat Kecamatan
  • Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan dan
  • Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan / atau yang belum dapat dilaksanakan oleh kelurahan sesuai dengan kelurahannya.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKRETARIS CAMAT

Tugas Pokok Sekretaris Camat :


Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat / aparatur Kecamatan.

Fungsi Sekretaris Camat :

  • Penyusunan rencana kerja Sekretariat yang mengacu pada Renstra Kecamatan
  • Pengkorodinasian penyusunan rencana kerja tahunan Kecamatan
  • Pengkoordinasian penyusunan rancangan produk hukum
  • Pengkoordinasian penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kecamatan
  • Pengkoordinasian administrasi kegiatan seksi
  • Penyelenggaraan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang – undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan Kecamatan
  • Pengkoordinasian upaya pemecahan masalah kesekretariatan dan Kecamatan
  • Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, administrasi umum, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Kecamatan dan Kelurahan.
  • Pengkoordinasian analisis dan pengembangan kinerja Kecamatan dan Kelurahan.
  • Penyiapan bahan koordinasi dari masing – masing unsur organisasi dilingkungan Kecamatan dalam rangka perencanaan pelaksanaan, pengendalian, evaluasi, dan pelaporan Kecamatan dan kelurahan, dan
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan Camat.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKSI PEMERINTAHAN

Tugas Pokok Seksi Pemerintahan :

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan bidang pemerintahan umum.

Fungsi Seksi Pemerintahan :

  • Pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat Kecamatan
  • Pelaksanaan koordinasi satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan
  • Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satua kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan
  • Fasilitasi pelaksanaan pemilihan umum
  • Pelaporan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat Kecamatan kepada Walikota
  • Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan data dan informasi , penginventarisan permasalahan serta pelaksanaan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan urusan pemerintahan
  • Perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan laporan kegiatan seksi
  • Penyiapan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan pemerintahan
  • Pelaksanaan hubungan kerja dan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas
  • Penyiapan bahan petunjuk teknis pembinaan terhadap pemerintah Kelurahan
  • Pengusulan, penyiapan bahan dan petunjuk teknis pembinaan dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Pelaksanaan fasilitasi administrasi kependudukan dan fasilitasi instansi terkait pelaksanaan ketenagakerjaan dan transmigrasi, sosial, urbanisasi, emigrasi / imigrasi
  • Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum sesuai dengan kewenangannya
  • Pelaksanaan tugas bidang keagrariaan di Kecamatan
  • Pelaksanaan legalisasi administrasi pertanahan
  • Pelaksanaan analisis dan pengembangan kinerja Seksi, dan
  • Pelaksanaan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya yang diberikan oleh Camat.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Tugas Pokok Seksi Pemberdayaan Masyarakat 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 08 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Kecamatan yang ditindaklanjuti Surat Keputusan Walikota Depok, Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas pokok adalah membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan bidang pemberdayaan masyarakat

 Fungsi Seksi Pemberdayaan Masyarakat :

  • Penyelenggaraan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup Kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di Kelurahan dan Kecamatan
  • Pembinaan dan pengawasan terhadap unit kerja pemerintahan maupun swasta yang mempunyai program baik pemerintahan maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Kecamatan
  • Pelaksanaan administrasi pelayanan penertiban rekomendasi, ijin dan pelayanan sesuai batas kewenangan yang telah mendap[at pelimpahan dari Walikota
  • Pelaksanaan fasilitas pengembangan pertanian, peternakan, perbankan, koperasi dan UMKM
  • Pelaksanaan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan, baik yang dilakukan oleh unit kerja Pemerintah maupun swasta
  • Pelaksanaan pembinaan kegiatan keagamaan
  • Pelaksanaan tugas – tugas dibidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang – undangan
  • Penyusunan perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan
  • Pelaksanaan percepatan standar pelayanan minimal (SPM) dan indeks pembangunan manusia (IPM) diwilayahnya
  • Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan
  • Pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat diwilayah Kecamatan
  • Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan kepada Walikota
  • Penyusunan laporan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja Kecamatan kepada Walikota dengan tembusan kepada satuan kerja perangkat daerah yang membidangi urusan pemberdayaan masyarakat, dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM

Tugas Pokok dan Fungsi Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum :

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 08 Tahun 2008, maka Seksi Ketentraman dan Ketertiban masyarakat adalah melaksanakan urusan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Fungsi Pokok Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum :

    • Pengkoordinasian dengan Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian Negara Republik Indonesia dan / atau Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban di wilayah Kecamatan
    • Pengkoordinasian dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat yang berada diwilayah kerja Kecamatan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah Kecamatan
    • Pelaksanaan ketentraman dan ketertiban di wilayah Kecamatan kepada Pimpinan
    • Pengkorodinasian satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya dibidang oenegakan peraturan perundang – undangan dan / atau Kepolisian Negara Republik Indonesia
    • Pelaporan penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan di wilayah Kecamatan kepada Walikota
    • Pengumpulan, pengolahan data dan informasi, inventarisasi permasalahan serta pelaksanaan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan ketentraman dan ketertiban umum
    • Perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi
    • Penyiapan bahan kegiatan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan ketentraman dan ketertiban umum
    • Pelaksanaan hubungan kerja dan koordinasi dengan unit terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas
    • Pelaksanaan pengawasan, perijinan yang menjadi kewenangan Kecamatan
    • Pelaksanaan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Jalan dan Surat Keterangan lainnya yang berkaitan dengan ketentraman dan ketertiban umum
    • Pelaksanaan pengamanan kantor dan barang inventaris kantor
    • Mempersiapkan dan menyusun potensi hansip / Linmas dalam rangka menghadapi kemungkinan bencana
    • Pelaksanaan tugas pembantuan operasional
    • Pelaksanaan pengawasan dan pembinaan (non yustisia) terhadap ketaatan masyarakat untuk mematuhi Peraturan Daerah, Keputusan Walikota dan peraturan perundang – undangan lainnya
    • Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan keamanan swakarsa
    • Pelaksanaan pengawasan dan pemantauan penyelenggaraan petunjuk dan keramaian kampung bekerjasama dengan Seksi Ketentraman dan ketertiban sekelurahan setempat
    • Pelaksanaan upaya pengamanan wilayah
    • Pendayagunaan satuan – satuan Hansip / Linmas di wilayah Kecamatan dalam rangka upaya perlindungan masyarakat dari berbagai bentuk ancaman dan bahaya
    • Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan instansi pemerintah dan instansi lainnya yang berkaitan dengan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan
    • Pelaksanaan analisis dan pengembangan kinerja Seksi dan
    • Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya diberikan oleh Camat sesuai bidang tugasnya.