Kecamatan Pancoran Mas (4SI), Kecamatan Manganitu (3S)

camat manganitu 1

camat manganitu 3

camat manganitu2

Dalam rangka Tahun Budaya Kecamatan Manganitu, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Camat Manganitu DH. Rompis, S.Pi, Study Banding Ke Kantor Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, diterima oleh Sekretaris Kecamatan Pancoran Mas  (H. Kusumo) mewakili Camat karena Camat sedang rapat, didampingi oleh Kasi Pemerintahan (Pangastuti), Kasi Pemberdayaan ( M. Fahmi) dan Kasi Transtib (Budi muhammad).  DH Rompis, S.Pi, Camat Manganitu  sangat terkesan dengan Kecamatan Pancoran Mas, yang sudah mencoba untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat. Camat Manganitu mengatakan kalau di Kecamatan Pancoran Mas dalam pelayanan adalah 4SI (Senyum, Salam, Sopan, Sabar dan Ikhlas) kalau di Kecamatan Manganitu 3S (Senyum, Salam, Sapa).

Disampaikan juga oleh Camat Manganitu DH. Rompis, S.Pi, bahwa pada Tahun ini (2013) Kecamatan Manganitu mencanangkan ” Tahun Budaya ” ada TUPROLAN ( Tujuh Program Unggulan) yaitu :

  1. 3S (Senyum, salam, Sapa)
  2. Kamis Muluk (Muatan Lokal) Non Beras
  3. Belajar Wajib dari Jam 17.00 – 19.00 wita ditandani dengan pemukulan Tentenkunang (Kentongan)
  4. Budaya Malu (misalnya : malu terlambat datang bekerja)
  5. Jumat Bersih untuk Pegawai (06.00-08.00 wita)
  6. Kaehe Buresih (Sabtu Bersih) untuk masyarakat
  7. Gerahan Manganitu (Gerakan menanam Angrek) disetiap rumah diwajibkan untuk menanam Angrek.

TUPROLAN ini diberlakukan di Kecamatan Manganitu dengan jumlah kampung sebanyak 18 kampung, sedangkan Dasar untuk melaksanakan TUPROLAN ini adalah Surat Keputusan Camat Manganitu yang ditindaklanjuti dengan Keputusan Kepala Kampung, Ksm