BUKU PANDUAN PANITIA LOKAL KECAMATAN PANMAS MTQ XVII KOTA DEPOK

img_5687 img_5694 img_5696 img_5699img_5795img_5800KATA PENGANTAR

 

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmatnya, sehingga kami dapat menyusun buku panduan pelaksanaan MTQ XVII Kota Depok ini.

Penerbitan buku panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi para peserta MTQ dan masyarakat yang hadir mengikuti acara MTQ Tingkat Kota Depok yang insyaallah akan diselenggarakan mulai tanggal 7-9 Nopember 2016.

Dengan adanya buku panduan ini diharapkan para peserta dan masyarakat mendapatkan informasi yang Jelas tentang penyelenggaraan MTQ XVII Tingkat Kota Depok diwilayah Kecamatan Pancoran Mas.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, amiiin.

 

Depok,   Nopember 2016

ttd

Panitia Lokal Pancoran Mas

 

 

SELAYANG PANDANG

KECAMATAN PANCORAN MAS

Kecamatan Pancoran Mas merupakan salah satu dari 11 (sebelas) kecamatan yang ada di Kota Depok, dengan letak yang sangat strategis yaitu terletak dijantung kota yang dikelilingi oleh rumah-rumah penduduk dan pusat perbelanjaan, pertokoan serta perkantoran dan tempat ibadah.

Pancoran Mas mempunyai luas wilayah kurang lebih 1.919 ha, dengan ketinggian wilayah dari permukaan air laut sekitar 50 sampai dengan 60 meter dengan permukaan yang relatif datar dan berbukit.

Adapun batas wilayah kecamatan Pancoran Mas adalah :

-  Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan  Beji

-  Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sukmajaya

-  Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Cipayung

-  Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Limo

 

Kecamatan Pancoran Mas terdiri dari 6 (enam) kelurahan Secara Administrasi Pemerintahan Kecamatan Pancoran Mas terdiri dari 6 Kelurahan, yaitu :

  1. Kelurahan Depok ( Lurah : Mustakim, S.Sos)
  2. Kelurahan Depok Jaya ( Lurah : Mahindra, SKM)
  3. Kelurahan Pancoran Mas ( Lurah : Dadi Rasmidi)
  4. Kelurahan Mampang( Lurah : AA. Abdul Khoir, SH)
  5. Kelurahan Rangkapan Jaya ( Lurah : Dani Hamdani, S.STP )
  6. Kelurahan Rangkapan Jaya Baru ( Lurah : Budi Muhammad, SE )

 

Jumlah penduduk di Kecamatan Pancoran Mas hasil sensus tahun 2016 tercatat sebanyak 203.947 jiwa terdiri dari laki-laki 102.617 jiwa dan perempuan 101.330 jiwa, dengan perincian sebagai berikut:

  1. Kelurahan Depok  39.244
  2. Kelurahan Depok Jaya 24.140
  3. Kelurahan Pancoran  Mas  53.663
  4. Kelurahan Mampang  22. 585
  5. Kelurahan Rangkapanjaya Baru  31.438
  6. Kelurahan Rangkapanjaya  32.877

 

Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat telah dibuat kotak pengaduan/saran baik melalui surat yang ditujukan kepada Camat dengan alamat Jl. Kartini No. 9 Depok Kode Pos 16413, telpon (021 77200537)atau Email : panmas@depok.go.id.

Visi-Misi Kecamatan Pancoran Mas :

Dengan mempertimbangkan potensi, lokasi, permasalahan tantangan dan peluang yang ada diwilayah Kecamatan Pancoran Mas serta mempertimbangkan budaya yang hidup dalam masyarakat, maka Visi Kecamatan Pancoran Mas tahun 2016-2021 yang hendak dicapai dalam tahapan ketiga sesuai RPJMD Kota Depok adalah :

“ Terwujudnya pelayanan pemerintahan yang semakin Efektif dan Transparan, Berwawasan Lingkungan dan Mandiri dalam rangka mendukung terwujudnya Kota Depok yang Unggul, Nyaman, dan Religius di diwilayah Kecamatan Pancoran Mas.”

Sebagai penjabaran Visi Kecamatan Pancoran Mas diatas disusunlah Misi Kecamatan Pancoran Mas 2016-2021, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Meningkatkan  kualitas pelayanan publik yang profesional dan memuaskan masyarakat;
  2. Mewujudkan sinergitas koordinasi lintas sektor pembangunan dalam membangun wilayah pemukiman yang bersih, indah dan sehat;
  3. Mewujudkan kemandirian masyarakat dalam pembangunan lingkungan yang merata, adil, tertib dan berkelanjutan.

 

Motto pelayanan :

“ Kinerja dan pelayanan, hari ini harus lebih baik dari kemarin dengan prinsip KREATIF (Kepastian hukum, Responsif, Equal, Akuntabilitas, Transparan, Innovatif, Fasilitasi) ”

 

 

Sambutan Ketua Panitia Lokal MTQ XVII Kota Depok

Kecamatan Pancoran Mas Tahun 2016

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Karena berkat limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya, Alhamdulillah Kecamatan Pancoran Mas ditunjuk sebagai tuan rumah, tempat penyelenggaraan MTQ XVII kota Depok.

Musabaqoh yang dilaksanakan dari tanggal 7-9 Nopember 2016, melombakan sebanyak 7 cabang pada 8 mimbar yang diikuti oleh para kafilah dari   11 kecamatan se Kota Depok.

Guna suksesnya penyelenggaraan MTQ sebagaimana yang diharapkan, panitia pelaksana akan terus berupaya bekerja keras dan memberikan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, melalui buku panduan ini, kiranya dapat dijadikan sebagai acuan, sekaligus sumber informasi bagi para kafilah, qori atau qoriah, dewan hakim, Panitera dan para official dalam pelaksanaan MTQ XVII tingkat Kota Depok di Kecamatan Pancoran Mas tahun 2016.

Demikian yang dapat kami persembahkan, kiranya bila terdapat kekurangan, dengan segala kerendahan hati untuk dibukakan pintu maaf, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita semua.

Wassallamu’alaikum Wr.Wb

 

SAMBUTAN CAMAT PANCORAN MAS

DALAM RANGKA MTQ  XVII KOTA DEPOK

 

Assallamu’alaikum Wr. Wb

Puji dan syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT, berkat rahmat dan hidayahNya, Alhamdulillah Kecamatan Pancoran Mas mendapatkan amanah sekaligus kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ XVII tingkat Kota Depok tahun 2016.

MTQ XVII Kota Depok sebagai upaya membangun semangat belajar sekaligus memahami kandungan      Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat Islam dalam bingkai Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Basyariah, seraya mengharap ridha Allah SWT, demi terwujudnya kehidupan umat yang baldatun thoyyibatun warobbun ghafur, fiddunya wal akherat.

Sebagai perhelatan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Isalm di Kota Depok, hal itu semua merupakan suatu wujud kebahagian dan rasa syukur, bahwa hidup kita senantiasa diberikan limpahan petunjuk dan rahmat Allah SWT.

Atas nama Kecamatan Pancoran Mas dan seluruh masyarakat, Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh Kafilah, qori, qoriah, dewan hakim, official, panitera dan masyarakat dalam MTQ XVII tingkat Kota Depok diKecamatan Pancoran Mas. Selamat bermusabaqoh untuk mengukir prestasi dibawah panji jalinan silaturrahmi yang semakin kokoh dalam mensyiarkan agama islam.

Akhirnya Kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas dukungan terhadap suksesnya Kecamatan Pancoran Mas sebagai tuan rumah MTQ XVII tingkat Kota depok tahun 2016. Semoga Allah senantiasa meridhoi Kita semua, Amiin…

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Camat Pancoran Mas

ttd

H. Utang Wardaya, AP, M.SI

 

 

KEPUTUSAN CAMAT PANCORAN MAS

                                                                                                                                                                                     NOMOR :    451 / 36 / 2016

 

 

SUSUNAN PANITIA LOKAL

MUSABAQOH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) XVII KOTA DEPOK

KECAMATAN PANCORAN MAS TAHUN 2016

 

CAMAT PANCORAN MAS

 

Menimbang      :

  1. Salah satu upaya peningkatan pemahaman dan pengamalan agama serta kerukunan hidup umat beragama, dapat diwujudkan melalui Musabaqoh Tilawatil Qur’an yang diselenggarakan setiap tahun.
  2. Bahwa Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016, akan diselenggarakan di Kecamatan Pancoran Mas
  3. Bahwa dalam mensukseskan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 9 Nopember 2016 di Kecamatan Pancoran Mas perlu dibentuk panitia lokal Tingkat Kota Depok.
  4. Bahwa dengan pertimbangan sebagaimana dimaksud diatas, perlu pembentukan panitia lokal tingkat Kecamatan Pancoran Mas dalam penyelenggaraan Musaboqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016.

Mengingat         :

  1. Undang-undang Nomor 15 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kotamadya Tingkat II Depok dan Kotamadya Daerah Tingkat II Cilegon ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 49, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3828)
  2. Undang-undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 75, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3851)
  3. Undang-undang Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4389)
  4. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara republic Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara republic Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844)
  5. Undang-undang Nomor 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara Pemerintah pusat dan pemerintah daerah (lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126, tambahan Lembaran Negara republik Indonesia Nomor 4438)
  6. Peraturan Daerah Kota depok Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578: Tambahan Lembaran Republik Indoneisa Nomor 4578)
    1. Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 79 Tahun 2007 tentang Pedoman Pembina dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2005 Nomor 165 Tambahan Negara Republik Indonesia Nomor 4593)
    2. Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah daerah provinsi dan pemerintah Kabupaten/ Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 47370)
    3. Keputusan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri Nomor 182 A Tahun 1988 tentang pengembangan Organisasi 48 Tahun 1988 lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an
      1. Keputusan  menteri agama Nomor 240 tahun 1989 tentang susunan Organisasi dan tata kerja lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an
      2. Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 7 Tahun 2008 tentang urusan pemerintah Kota depok (Lembaran daerah Kota depok Tahun 2008 Nomor 07)
      3. Peraturan daerah Kota Depok Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Dearah (Lembaran Daerah Kota Depok tahun 2008 Nomor 084)

Memperhatikan          :

  1. Surat Keputusan Walikota Depok Nomor : 591/286/Kpts/Sosial/Huk/2016- Sosial, tanggal 16 September 2016, Tentang Penetapan Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016.
  2. Hasil rapat LPTQ Kecamatan Pancoran Mas tanggal 10 Oktober 2016 Tentang pembentukan Panitia Lokal MTQ XVII Tingkat Kota Depok tahun 2016.

M E M U T U S K A N

Menetapkan       :

PERTAMA          : Mengukuhkan Panitia Lokal MTQ XVII Tingkat Kota Depok tahun 2016 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.

KEDUA              : Tugas pokok dan fungsi panitia memfasilitasi penyelenggaraan MTQ XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.

KETIGA             : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan didalam keputusan ini akan diperbaiki seperlunya.

 

Ditetapkan di   : Depok

Pada tanggal    : 14 Oktober 2016

 

Camat Pancoran Mas

ttd

H. Utang Wardaya, AP, M.Si

NIP. 197309221993111002

 

SUSUNAN PANITIA LOKAL

MUSABAQOH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) XVII KOTA DEPOK

KECAMATAN PANCORAN MAS TAHUN 2016

 

  I.  Pembina          : 1. Camat Pancoran Mas

2. Kapolsek Pancoran Mas

3. Danramil Pancoran Mas                   4. MUI Pancoran Mas

  1. II.  PenanggungJawab  :   Rika Kamila, MM (Sekcam)
  2. III.   Ketua                   :   H. Dadi Rusmiadi (Lurah)
  3. IV.  Wakil Ketua          :   H. Asnawi, S.Ag (Kepala KUA)
  4. V.  Sekretaris                      :   Yenny FL  S.Kom (Kasie Pem.)
  5. VI.  Wakil Sekretaris     :   Mizar
  6. VII.  Bendahara              :   Dede Sopian, S.IP
  1. A.  Koordinator Bidang Musabaqoh Tilawatil Quran :

Ketua                     : H. Uung Ainun Najib

Anggota                  :

  1. Mustofa Taufik
  2. Nurul Hikmah
  3. Zulfah
  4. Mad Asli, S.Ag
  1. B.  Koordinator Bidang Informasi, Publikasi dan Dokumentasi :

Ketua                     : AA. Abdul Khoir (Lurah )

Anggota                  :

  1. Saepul Muluk, S.Ag
  2. Nuraini, SE
  3. Kiyat Subardi, S.Sos
  4. Eko Hadi Purwanto
  5. Iyan Mampang
  6. Ketua LPM Rangkapan Jaya
  1. Ketua LPM Rangkapan Jaya Baru
  1. C.  Koordinator Bidang Akomodasi, Sarana dan Prasarana :

Ketua       : Maryadi, SE, MM (Kasie PM Kecamatan)

Anggota    :

  1. Budi Muhammad, SE (Lurah RJB)
  2. Dani Hamdani (Lurah RJ)
  3. Ujang Tajudin
  4. S. Riadi
  5. Moch. Agus Sunarya
  6. Dwiyanta
  7. Ketua RW.08 Kel. Rangkapan Jaya
  8. Kong Mardani
  9. Mujri

10.Maryadi (Bule)

11.Jaelani

  1. D.  Koordinator Bidang  Kesehatan :

Ketua       : Kepala UPT. Puskesmas Pancoran Mas

Anggota    :

1. Kepala PKM Kelurahan Depok Jaya

2. Kepala PKM Kel. RangkapanJaya Baru

3. Ariyanto Tobing, M.SI

  1. E.  Koordinator Bidang Keamanan dan Ketertiban :

Ketua            : Kasie Trantib Kec. Pancoran Mas

Anggota         :

  1. Adi Basarah
  2. Heri Suherman
  3. Dedi Kusnadi
  4. Suganda, SE
  5. Washinton Manurung, SH
  6. M. Acep Rohaenda
  7. Nurhadi, SH
  8. Wawan
  9. Babinsa se-Kecamatan Panmas

10.Bimas se-Kecamatan Panmas

11.Pokdar Kamtibmas Panmas

  1. F.  Koordinator Bidang Acara dan Pagelaran Seni :

Ketua       : Mustakim (Lurah Depok)

Anggota    :

  1. Rini Kariani S, SE
  2. Dyah Ambaratun, SP
  3. H. Iwan. SE
  4. Anggota PGRI UPT Disdik Panmas
  5. Pemuda Karang Taruna Kelurahan Rangkapan Jaya Baru
  6. Pemuda Karang Taruna Kelurahan Rangkapan Jaya
  7. Pemuda Karang Taruna Kelurahan Depok Jaya
  8. Pemuda Karang Taruna Kelurahan Mampang
  1. G.  Koordinator Bidang Pawai Ta’aruf

Ketua       : Kepala UPT Disdik Pancoran Mas

Anggota    :

  1. Noviar, SE
  2. Dudi Saeful Azhar, S.Sos
  3. Anis Ayu Wulandari, SSTP
  4. Ketua LPM Kelurahan Depok Jaya
  5. Ketua LPM Kelurahan Depok
  6. Ketua LPM Kelurahan Pancoran Mas
  7. Ketua LPM Kelurahan Mampang
  8. Pemuda, Karang Taruna Kecamatan Panmas
  9. Anggota POL PP, Hansip, Kec. & Kelurahan
  10. KNPI Pancoran Mas
  1. H.  Koordinator Bidang Pameran :

Ketua                     : Mahindra, SKM  (Lurah DJ)

Anggota                  :

  1. Pefrianto, SE
  2. Mirna Anggia, SSTP
  3. Ibu Gita
  4. Ibu Intan
  5. Ibu Khodijah
  6. Ibu Neneng
  7. Ibu Sri Widoyanti
  8. PKK Kec. Pancoran Mas
  9. Opan RangkapanJaya
  1. I.    Koordinator Bidang Konsumsi :         

Ketua                     : Ketua TP. PKK Kec. Panmas

Anggota                  :

  1. Ketua TP.PKK Kelurahan RJB
  2. Ketua TP.PKK Kelurahan Rangkapan Jaya
  3. Ketua TP.PKK Kelurahan Depok
  4. Ketua TP.PKK Kelurahan Depok Jaya
  5. Ketua TP.PKK Kelurahan Pancoran Mas
  6. Ketua TP.PKK Kelurahan Mampang
  7. Muji Sutamulya
  8. Siti Romlah
  9. Jamilah
  10. H. Khaeruddin
  11. Ade Hondani, SIP
  12. Fitra Budiman, SE
  13. Mat Hasan
  14. Husni
  15. Taryana
  16. Nur Alam, SE
  17. Zainuddin, SIP
  18. Ibu Afreni, SH
  19. Ibu Startik Sartika, SE
  20. Lucy Rentina Siahaan, SE
  21. Ersih Cahyani, SE
  22. Harini Mulatsih, SE
  23. Jaenah
  24. Dinaningrum
  25. Mujiyani
  26. Milyarni
  27. Ibu Suratin
  28. Ibu Rodiyah
  29. Ibu Noor Aida
  30. Ibu Maryanti
  31. Ibu Melissa
  32. Vina Febriany

  

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PANITIA LOKAL

MTQ XVII KOTA DEPOK

DI KECAMATAN PANCORAN MAS TAHUN 2016

 

PEMBINA :

 

  1. Bertanggung jawab membina seluruh jajaran panitia dan bertanggung jawab dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan
  2. Memegang semua kebijakan dalam pelaksanaan MTQ XVII Tingkat kota Depok, berdasarkan kebijakan Menteri Agama Republik Indonesia dan LPTQ Tingkat Kota Depok

 

PENANGGUNG JAWAB  :

 

Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan kepada Camat.

 

KETUA :

 

  1. Bertanggung jawab atas teknis kegiatan MTQ XVI Tingkat Kota Depok di Kecamatan Pancoran Mas Tahun 2016
  2. Bertanggung jawab dalam teknis operasional kegiatan mulai dari perencanaan pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan.
  3. Bertanggung jawab dalam kegiatan pelaksanaan harian dan mengkoordinasikan dengan seluruh panitia agar dapat bertugas secara optimal sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

 

WAKIL KETUA :

 

Membantu Ketua dalam melaksanakan tugas. Bertanggung jawab serta melaporkan tugas-tugas yang diberikan oleh ketua.

SEKRETARIS :

 

  1. Bertanggung jawab dalam mempersiapkan surat menyurat dan naskah lainnya yang diperlukan dalam kegiatan MTQ
  2. Bertanggung jawab dalam tugas-tugas kesekretariatan panitia
  3. Bertanggung jawab dalam menyiapkan rapat-rapat dan koordinasi internal lainnya
  4. Mengkoordinasikan dan menyelesaikan rencana kegiatan dan bidang-bidang teknis
  5. Membuka Posko kesekretariatan MTQ
  6. Mengatur jadwal jaga Posko MTQ Kecamatan
  7. Berkoordinasi dengan sekretariat tingkat kota
  8. Bertanggung jawab kepada Ketua

 

WAKIL SEKRETARIS :

 

  1. Membantu sekretaris dalam menyelesaikan tugas, bertanggungjawab serta melaporkan tugas-tugas yang diberikan kepada sekretaris.
  2. Bertanggung jawab kepada sekretaris

 

 

BENDAHARA :

  1. Bertanggungjawab dalam rencana anggaran dan kebutuhan biaya kegiatan MTQ
  2. Bertanggungjawab dalam penerimaan, pembukuan dan pelaporan keuangan dalam pelaksanaan kegiatan MTQ
  3. Bertanggungjawab kepada Ketua

 

 

  1. A.  BIDANG MUSABAQOH TILAWATIL QURAN :
    1. Bertanggung jawab dalam melaksanakan pendaftaran peserta tiap-tiap cabang
    2. Mengadakan koordinasi masing-masing cabang
    3. Bertanggung jawab menyusun jadwal dan tempat kegiatan dari tiap-tiap cabang
    4. Bertanggung jawab dalm mencatat dan melaporkan hasil tiap-tiap cabang
    5. Bertanggung jawab kepada Ketua

 

  1. B.  BIDANG INFORMASI, PUBLIKASI & DOKUMENTASI:
    1. Bertanggung jawab dalam menyebarkan syiar MTQ di Masyarakat
    2. Mengkoordinasikan para penduduk untuk memasang umbul-umbul dan lain-lain untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ
    3. Membuat dan memasang poster-poster, spanduk di tempat-tempat strategis
    4. Bertanggung jawab dalam mempublikasikan dan mendokumentasikan kegiatan penyelenggaraan MTQ
    5. Menyusun dan menyebarluaskan tema dan sub tema MTQ baik berupa spanduk, pamplet dan media lainnya.
    6. Bertanggung jawab dan menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam informasi, publikasi dan dokumentasi
    7. Bertanggung jawab kepada ketua

 

  1. C.  BIDANG AKOMODASI, SARANA DAN PRASARANA :

 

  1. Bertanggung jawab dalam menyiapkan tempat (penginapan) untuk peserta dewan hakim, official, panitia pelaksana ( provinsi dan daerah ), sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung
  2. Menyiapkan tenaga dan ahli untuk menyiapkan panggung dan mimbar bekerjasama dengan panitia kota
  3. Bertanggung jawab dan menyiapkan kendaraan operasional peserta, dewan hakim dan operasional lainnya selama  kegiatan berlangsung
  4. Bertanggung jawab kepada ketua

 

  1. D.  BIDANG KESEHATAN :

 

  1. Bertanggung  jawab dalam pelayanan kesehatan selama kegiatan berlangsung.
  2. Bertanggung jawab dalam menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan dan penyediaan obat-obatan pertolongan pertama dalam pelaksanaan medis yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung
  3. Mendirikan Posko kesehatan di tempat yang strategis untuk memudahkan pelayanan dan pemantauan apabila ada yang sakit,berkoordinasi dengan sekretariat Kota.
  4. Bertanggung jawab kepada ketua

 

  1. E.  BIDANG KEAMANAN DAN KETERTIBAN :
    1. Bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung
    2. Memelihara dan menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan MTQ berlangsung.
    3. Mengatur parkir kendaraan dan koordinasi dengan pihak yang terkait.
    4. Menyiapkan peta, papan penunjuk arah arena MTQ berkoordinasi dengan sekretariat Kota.
    5. Bertanggung jawab kepada ketua

 

 

  1. F.  BIDANG ACARA DAN PAGELARAN SENI : 
    1. Bertanggung jawab dalam mengakomodir seluruh acara pada pelaksanaan MTQ
    2. Mengakomodir seluruh pagelaran seni yang akan ditampilkan pada pelaksanaan MTQ serta membuat jadwal penampilan dari seluruh pagelaran seni yang akan ditampilkan
    3. Membantu kelancaran pelaksanaan keprotokolan pada setiap event dibawah koordinasi panitia Kota.
    4. Menyiapkan dan mengecek perangkat dan peralatan pada upacara pembukaan dan penutupan seperti mimbar, taplak meja, dan segala kelengkapan lainnya
    5. Bertanggung jawab kepada ketua

 

 

  1. G.  BIDANG PAWAI TAARUF  :
    1. Bertanggung jawab menyiapkan barisan pawai Ta’aruf utusan Pancoran Mas sebanyak-banyaknya dalam acara pembukaan MTQ XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016
    2. Membantu mengatur defile peserta pawai.
    3. Berkoordinasi dengan bidang acara dan panitia tingkat Kota dalam pelaksanaan pawai ta’aruf dan defile
    4. Bertanggung jawab kepada ketua

 

  1. H.  BIDANG PAMERAN :
    1. Menerima dan mengatur pendaftaran peserta pameran dan berkoordinasi dengan sekretariat Kota.
    2. Bertanggung jawab dalam mempersiapkan jenis produk yang akan dipamerkan dalam kegiatan MTQ
    3. Berkoordinasi dengan bidang akomodasi dan sarana prasarana dalam menyiapkna tempat, sarana dan prasarana untuk pameran
    4. Bertanggung jawab kepada ketua

 

  1. I.    BIDANG KONSUMSI : 
    1. Menyelenggarakan dan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan makan minum peserta MTQ
    2. Berkoordinasi dengan panitia Kota untuk pemenuhan kebutuhan makan minum peserta MTQ
    3. Membuka dapur umum khusus melayani peserta MTQ
    4. Mengatur jadwal tugas jaga dan pendistribusian makan minum peserta MTQ.
    5. Bertanggung jawab kepada ketua.

 

 

 

PEDOMAN PELAKSANAAN MTQ XVII

TINGKAT KOTA DEPOK TAHUN 2016

 

DASAR

  1. Pedoman Musabaqoh Al-Qur’an
  2. Hasil rapat LPTQ Kota Depok yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2016 tentang MTQ XVII Tingkat Kota depok dan pembentukan panitia pelaksana MTQ

 

TUJUAN

  1. Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an melalui bacaan, pengkajian dan penafsiran
  2. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mensyiarkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat

 

PELAKSANAAN

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII Tingkat Kota Depok Tahun 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 9 November 2016 di Kecamatan Pancoran Mas

 

CABANG YANG DILOMBAKAN

Adapun cabang yang dilombakan adalah sebagai berikut :

  1. A.   Cabang Tilawatil Qur’an
    1. Golongan Tartil Qur’an (Putra dan putri), Umur maksimal 10 tahun 11 bulan 29 hari
      1. Golongan Anak-anak (Putra dan putri ), Umur maksimal 13 tahun 11 bulan 29 hari
      2. Golongan Remaja (putra dan putri), Umur maksimal 19 tahun 11 bulan 29 hari
      3. Golongan Dewasa (putra dan putri), Umur maksimal 40 tahun 11 bulan 29 hari
      4. Golongan cacat netra (Pria dan wanita), Umur maksimal 44 tahun 1 bulan 29 hari
      5. Golongan Qiroat Sab’ah (Pria dan wanita), Umur maksimal 40 tahun 11 bulan 29 hari

 

  1. B.   Cabang Tahfidz Qur’an
    1. Golongan 1 Juz dan tilawah (putra dan putri), Umur maksimal 12 tahun 11 bulan 29 hari
    2. Golongan 5 Juz dan tilawah (putra dan putri), Umur maksimal 14 tahun 11 bulan 29 hari
    3. Golongan 10 Juz dan tilawah (putra dan putri), Umur maksimal 18 tahun 11 bulan 29 hari
    4. Golongan 20 Juz dan tilawah (pria dan wanita), Umur maksimal 18 tahun 11 bulan (pria dan wanita)
    5. Golongan 30 Juz dan tilawah 9pria dan wanita), Umur maksimal 20 tahun 11 bulan 29 hari

 

  1. C.   Cabang Tafsir Qur’an
    1. Golongan Bahasa Arab Juz 11 dan hapalan 30 Juz (pria dan wanita ) umur maksimal 20 tahun 11 bulan 29 hari
    2. Golongan Bahasa Indonesia Juz VII dan hapalan 30 juz (pria dan wanita )umur maksimal 29 tahun 11 bulan 29 hari
    3. Golongan Bahasa Inggris juz VI dan hapalan 10 Juz (pria dan wanita ) umur maksimal 29 tahun 11 bulan 29 hari

 

  1. D.  Cabang Fahmil Qur’an

Peserta 1 regu terdiri dari 3 orang (putra/putri/campuran) umur 18 tahun 11 bulan 29 hari

 

  1. E.  Cabang Syarhil Qur’an

Peserta 1 regu terdiri dari 3 orang (putra/putri/campuran ) umur 18 tahun 11 bulan 29 hari

 

  1. F.  Cabang Khattil qur’an
    1. Golongan naskah (penulis buku ) (pria dan wanita)
    2. Golongan Dekorasi ( Pria dan wanita )
    3. Golongan Hiasan (pria dan wanita )

 

  1. G.  Cabang Menulis Ilmiyah Al-Qur’an  (putra dan putri)

Umur maksimal untuk semua golongan adalah 34 tahun 11 bulan 29 hari. Ketentuan batas umur bagi seluruh peserta dihitung per 31 juli 2016.

PERSYARATAN PESERTA

 

  1. Peserta adalah penduduk Kota Depok (minimal telah berdomisili selama 1 tahun di daerah tersebut) yang dinyatakan dengan KTP bagi yang berumur 17 tahun ke atas, dan surat keterangan domisili dari Kelurahan dan Kecamatan bagi yang berumur 17 tahun ke bawah
  2. Peserta lintas kecamatan tetap menggunakan KTP/ Keterangan domisili dimana yang bersangkutan tinggal
  3. Semua peserta ditandatangani oleh ketua LPTQ Kecamatan dan disetujui oleh Camat setempat
  4. Peserta yang sudah mengikuti MTQ pada suatu daerah, tidak dibenarkan mengikuti MTQ pada suatu daerah lain pada tahun yang sama .
  5. Peserta hanya dapat mengikuti MTQ pada salah satu cabang/ golongan saja
  6. Daftar riwayat hidup
  7. Fotocopy akta/ surat kelahiran
  8. Ijazah/ syahadah pesantren
  9. KTP/ Surat Keterangan domisili

10.Sertifikat kejuaraan masing-masing

11.Pas photo ukuran 3×4 cm = 5 lbr dan 4×6= 5 Lbr

12.Berkas pendaftaran peserta dibuat 3 rangkap

 

SISTEM MUSABAQOH

Musabaqoh diselenggarakan satu babak (tidak ada final) kecuali fahmil Qur’an dilaksanakan dua babak yaitu didahului babak penyisihan kemudian final

 

JUMLAH KAFILAH MTQ

Kafilah Kecamatan seluruhnya berjumlah 47 orang terdiri dari :

  1. Peserta dari masing-masing kecamatan berjumlah 44 orang
  2. Official 3 orang terdiri dari :

v  1 (satu ) orang unsur LPTQ

v  1(satu) orang Pelatih

v  1 (satu) orang pendamping

 

 

MIMBAR MTQ XVII KOTA DEPOK

 

MIMBAR

MUSABAQOH

LOKASI

I

UTAMA

1.Pembukaan, Penutup dan Pameran MTQ XVII Depok

2.Cabang Tilawatil Quran Remaja, Dewasa, Cabang Qira’at Sab’ah,  Cabang CanetLapangan PSP KP. Pulo Jl. Raya Keadilan RT.001 RW. 008 Kel. Rangkapan jaya

II

Cabang Tilawatil Qur’an  Anak, Cabang Murotal, Cabang Tahfidz Qur’an  1 Juz dan TilawahMasjid Jami Al-Kautsar, Perumahan Griya Pancoran Mas Indah-Jl. Raya Keadilan, Kel. Rangkapan Jaya Baru

III

1.Cabang Tahfidz Qur’an  5 Juz dan Tilawah

 

2.Cabang Tahfidz Qur’an  10 Juz

3.Cabang Tahfidz Qur’an  20 JuzMasjid Ar-Rahman, Jl. H. Kimah, Kp. Rawa Denok – Kel. Rangkapan Jaya Baru

IV

1.Cabang Tahfidz Qur’an  30 Juz

 

2.Cabang Tafsir Qur’an (Arab, Inggris, Indonesia)Masjid Al- Barkah, RW 08 , Kp. Pulo Kelurahan  Rangkapan Jaya

V

1.Cabang Fahmil Qur’an

 

2.Cabang Syarhil Qur’anLingkungan Pesantren Al-Hidayah, Kp. Rawa Denok – Jl. Raya Keadilan (Seberang Mimbar Utama)

VI

Cabang Khattil  Qur’an  (Kaligrafi)SD Muhammadiyah 2 Depok, Jl. Keadilan, Kel. Rangkapan Jaya Baru

VII

Cabang Menulis Ilmiah Al Qur’an  (M2Q)SD Muhammadiyah 2 Depok, Jl. Keadilan, Kel. Rangkapan Jaya Baru

 

 

Twitter Digg Delicious Stumbleupon Technorati Facebook Email